FAQ

Pertanyaan yang umum ditanyakan dalam Program One Pesantren One Product.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, anda dapat menghubungi OPOP Helpdesk pada Hari/Jam Kerja, Pukul 08.00 s.d 16.00 WIB (WhatsApp only) :


OPOP Helpdesk 1 OPOP Helpdesk 2 OPOP Helpdesk 3

One Pesantren One Product yang kemudian disingkat menjadi OPOP adalah salah satu kegiatan dari program Gubernur Jawa Barat periode tahun 2019-2023 yang disebut Program “Pesantren Juara” dalam rangka mendorong pemberdayaan pesantren agar mempunyai produk unggulan serta mampu mandiri secara ekonomi.

Kegiatan OPOP ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil melalui UPTD Pendidikan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha Provinsi Jawa Barat, dan tahapan kegiatan meliputi; Pelatihan dan Magang, Pendampingan Usaha, Temu Usaha, Lomba Produk Unggulan Pesantren, dan Pameran OPOP.

2 Batas Waktu dan Cara mendaftar/membuat akun OPOP ?

Pendaftaran Online dibuka sampai dengan tanggal 30 April 2019.

Jika anda menemukan kesulitan, anda bisa langsung ke Kantor Kecamatan terdekat di Kabupaten/Kota Anda untuk dibantu proses pendaftaran oleh petugas Kantor Kecamatan terdekat.

Untuk mendaftar menjadi peserta OPOP, silahkan klik Daftar

Proses pendaftaran sangat mudah dan seluruh data serta dokumen anda akan secara otomatis akan di daftarkan kedalam sistem seleksi online melalui website OPOP, Untuk tata cara pendaftaran, anda dapat mengikuti petunjuk yang tercantum selama proses pendaftaran atau simak video tutorial dibawah ini.

Video Tutorial Pendaftaran OPOP
3 Apakah bisa dibantu untuk mendaftar secara Online ?

Ya, jika anda tidak memiliki akses internet, atau mengalami kesulitan untuk proses pendaftaran online, anda bisa datang langsung ke Kecamatan di Kabupaten/Kota terdekat untuk dibantu proses pendaftaran dengan membawa persyaratan lengkap dibawah ini.

    Persyaratan Pesantren
  • Lokasi Pesantren berada di wilayah Jawa Barat.
  • Foto Pesantren Terbaru, Tampak Depan atau Logo Pesantren.
  • Wajib Mendaftarkan 2(dua) orang Perwakilan Pesantren.
  • Syarat Perwakilan Pondok Pesantren
  • Pendidikan Minimal SD/MI/Sederajat.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas.
  • Melampirkan Pas Foto Berwarna dan Scan Identitas(KTP).
  • Surat keterangan kelakuan baik (Minimal dari RT/RW).
  • Surat Tugas dari pimpinan Pondok Pesantren diatas.
  • Melampirkan Foto Produk Terbaru (Bagi yang sudah memiliki Produk).
  • Mengajukan Ide dan Proposal Usaha Pesantren. (Bagi yang sudah/belum memiliki produk).
4 Apakah dokumen dan proposal untuk persyaratan OPOP harus di Scan?

Proposal bisa dalam bentuk format dokumen Microsoft Word .doc , .docx maupun Adobe Acrobat .pdf. Sedangkan untuk dokumen lainnya, peserta dapat mengirimkannya dalam format file Image/Gambar .jpeg/jpg dan .png semua dokumen harus diunggah langsung melalui website ini pada halaman profil pesantren anda.

5 Apa saja Tahapan Pendaftaran dan Seleksi Program OPOP?

Pesantren dan Perwakilannya diwajibkan mendaftar secara online, kemudian melengkapi persyaratan dokumen dan administrasi yang telah ditentukan, untuk kemudian dapat mengikuti Tes Wawancara dan Seleksi.

6 Apakah Perwakilan Pesantren boleh mendaftar menggunakan KTP asal luar Jawa barat?

Syarat dari perwakilan pesantren adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk dan perwakilan tersebut adalah santri/pengurus yang diperbolehkan berasal dari seluruh Indonesia, Dengan lokasi pesantren hanya yang berada di wilayah Jawa Barat.

7 Dimanakah UPTD Balai Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha Jawa Barat berada ?
BALATKOP JAWA BARAT

Jalan Soekarno-Hatta KM. 11 No. 708, Gede Bage, Kota Bandung.


Peta Menuju Balatkop Jabar
8 Kapan Hasil Seleksi OPOP ini akan diumumkan ?

Peserta yang lolos akan dihubungi melalui email, telepon dan/atau sms, pastikan alamat email dan nomor telepon anda aktif untuk dapat menerima pesan dari website OPOP, atau anda juga dapat melihat informasi atau pengumuman hasil seleksi pada website opop.jabarprov.go.id.

9 Jenis bidang usaha apa saja yang dapat diikutsertakan pada program OPOP?

Jasa, Fashion, Makanan Minuman, Pertanian, Kerajinan, Peternakan, Perikanan, Perdagangan, Lain-Lain. anda juga dapat mendaftarkan konsep atau ide bisnis Pesantren anda dengan melampirkan proposal konsep pada halaman profil pendaftaran

10 Apa saja Mekanisme dan Keuntungan Pesantren yang lolos dalam proses seleksi OPOP?

Program ini tidak hanya bagi pesantren yang sudah memiliki koperasi (Kopontren), seluruh Pondok Pesantren di Jawa Barat dapat mengikutinya karena kami juga memberikan kesempatan bagi semua pesantren yang memiliki potensi baik yang sudah memiliki produk maupun yang akan/belum memiliki produk untuk bisa masuk kedalam program OPOP.

Setiap peserta yang lolos seleksi akan menjalani Pelatihan OPOP, yang dibagi menjadi 2 type; pelatihan Startup dan pelatihan Scale UP. Untuk Pesantren yang mendaftar sebagai startup (belum memiliki produk dan hanya berupa ide bisnis) maka pelatihan selama 3 hari. Adapun untuk pesantren yang sudah memiliki produk atau type scaleup maka pelatihan dilaksanakan selama 7 hari pemagangan berlokasi di pesantren unggulan yang terpilih.

Setelahnya akan dilanjutkan dengan program pendampingan usaha, perlombaan produk terbaik, pameran bisnis OPOP, pameran antar provinsi dan pameran ke luar negeri.


© 2019 DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL PROVINSI JAWA BARAT