5 Rekomendasi Game Otak Cerdas Yang Mengasah Daya Ingat

Mungkin orang berpikir bahwa game memberikan banyak dampak buruk. Namun tahukah bahwa ada game otak cerdas yang ditawarkan berbagai developer hampir di seluruh dunia. Semuanya tersedia secara percuma di Play Store atau App Store. Permainan tersebut selain dapat meningkatkan kecerdasan, tetapi bertujuan agar proses belajar lebih menyenangkan.

Mulai dari belajar menghitung, membaca, dan masih banyak game bermanfaat lainnya. Tentu sangat membantu kegiatan belajar anak-anak supaya tidak merasa bosan. Hanya saja artikel ini akan membahas permainan untuk remaja dan dewasa. Jika ingin mengetahui game khusus lainnya bisa disini careercenter.id. Lalu, apa saja rekomendasi game cerdas yang bisa dicoba? Ini dia ulasannya!

1. Sudoku

Cukup banyak orang yang mengetahui game Sudoku sebagai game otak cerdas yang patut dimainkan. Dalam permainan ini, pemain akan diberikan tantangan yang harus menggunakan logika. Di mana terdapat kotak 9×9 yang berjejer dengan angka petunjuk pada masing-masing.

Cara bermain Sudoku adalah pemain harus melengkapi seluruh angka. Namun tidak boleh mengisi angka yang sama di satu baris. Terlihat mudah, tetapi perlu ketajaman memori. Apalagi dimainkan oleh orang di atas 50 tahun.

2. Teka-Teki

Siapa yang tidak tahu teka-teki silang atau TTS? Dulunya hampir semua majalah, koran, dan buku mencetak permainan ini dengan berbagai hadiah menarik. Sekarang tersedia di ponsel genggam secara gratis.

Tidak berbeda jauh dari versi cetak, Teka-teki juga mengharuskan pemain untuk mengingat segala pengetahuan yang dimiliki. Tentu supaya dapat menjawab pertanyaan secara benar. Bersamaan dengan itu, tingkat daya ingat dapat diuji.

3. Art Puzzle

Permainan ini terlihat sederhana. Di mana pemain hanya perlu mencocokkan arsiran gambar yang sesuai. Kesulitan yang dialami terkadang timbul dari kerangka yang tidak sama serta berdampingan. Namun selain mengasah otak, game ini sangat seru untuk dimainkan.

Bagi pemain yang menyukai dunia desain grafis atau melukis disarankan untuk mendownload permainan satu ini. Pasalnya pemain akan dilatih untuk menempatkan objek yang tepat agar gambar terlihat lebih bagus.

4. Brain Out

Pemain akan diminta untuk menebak jawaban dari pertanyaan yang tersedia. Memang sangat mudah, tetapi perlu konsentrasi tinggi. Jika tidak, maka pertanyaan menjebak tersebut dapat membuat pemain stuck. Pasalnya sebelum dapat menyelesaikan tantangan, pemain tidak bisa lanjut ke pertanyaan selanjutnya.

Kelebihan yang ditawarkan oleh game Brain Out ini adalah bisa dimainkan secara offline. Jadinya lebih menghemat kuota. Tersedia pula secara gratis.

5. Hello Cats

Berbeda dari tema permainan sebelumnya. Hello cats lebih ke misi penyelamatan kucing. Pemain harus menggambar seluruh keperluan yang dibutuhkan kucing saat menyelamatkan. Namun sekarang baru pengguna Android saja yang bisa memainkannya.

Demikian informasi game otak cerdas yang bisa dipilih. Terpenting tidak secara berlebihan. Apalagi melalaikan kewajiban dunia nyata yang seharusnya diselesaikan.