5 Tips Memilih Arsitek Rumah yang Harus Kamu Perhatikan

Berencana memilih arsitek rumah yang tepat untuk bisa dibantu mendapatkan rumah dengan desain sesuai idaman atau keinginan? Sudah tentu perlu paham dulu bagaimana memilih jasa arsitek yang tepat tersebut. Jasa arsitek sendiri bertanggung jawab membantu membuat desain hunian seperti keinginan dan kebutuhan klien.

Tips Memilih Arsitek Rumah yang Tepat

Berhubung arsitek ini semakin banyak dan jika asal memilih justru akan kecewa dan menyesal. Maka sedikit lebih teliti dan berhati-hati sangat diperlukan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk bisa memilih jasa arsitek dengan benar:

1. Menggunakan Jasa Kontraktor Juga 

Tips pertama adalah menggunakan dua jasa sekaligus, yakni jasa arsitek dan jasa kontraktor. Mengapa? Sebab keduanya bisa bekerja sama dan memberikan desain hunian terbaik dan bangunan berkualitas.

Arsitek akan mendesain bangunan rumah yang kemudian dinilai oleh kontraktor yang sudah berpengalaman. Jika cocok maka rumah akan jadi tepat waktu dan memuaskan, baik dari segi desain maupun kualitas bangunan.

2. Mengecek Portofolio Arsitek

Tips kedua adalah memilih arsitek dengan melihat portofolio atau karyanya. Sehingga bisa menilai apakah arsitek tersebut memang memiliki desain-desain rumah yang bagus dan sesuai selera atau tidak. Jika portofolionya memuaskan maka sudah berhasil memilih arsitek rumah yang tepat dan sesuai keinginan.

3. Pilih Arsitek yang Informatif dan Profesional

Pemilihan jasa arsitek juga tidak terlepas dari karakter atau pembawaan arsitek tersebut. Utamakan arsitek yang informatif dan bekerja profesional, supaya bisa mendapatkan saran dan masukan atas desain yang diinginkan.

Sebab arsitek tentu lebih berpengalaman, sehingga bisa dibantu untuk dibuatkan desain rumah yang benar-benar pas. Selain itu pastikan juga profesional misalnya memberikan pelayanan sebaik mungkin tanpa ada kemungkinan marah-marah hanya karena punya  masalah pribadi di rumahnya.

4. Biaya Jasa Sesuai Budget

Tips berikutnya adalah memilih arsitek rumah yang biaya jasanya sesuai dengan budget yang tersedia. Sebab membangun rumah dengan jasa arsitek artinya ada kewajiban untuk membayar jasanya dalam membuatkan desain rumah yang akan ditempati. Jadi, pilih arsitek yang jasanya sesuai jangkauan namun tetap bekerja dengan profesional sehingga tidak mencari yang asal murah.

5. Pertimbangkan Rekomendasi Orang Terdekat

Selain tips-tips yang disebutkan di atas, pertimbangkan juga untuk memilih arsitek dari rekomendasi orang terdekat. Misalnya dari orang tua sendiri atau saudara sendiri yang kebetulan pernah memakai jasa arsitek. Jika puas maka arsitek tersebut akan direkomendasikan, supaya ikut mendapatkan kepuasan juga dari layanannya.

Artinya arsitek yang bagus adalah arsitek yang direkomendasikan, sehingga sudah terbukti punya kinerja dan karya yang memuaskan klien. Berbeda dengan arsitek yang kinerjanya serampangan dan buruk. Dijamin banyak yang kapok memakai jasanya dan tidak akan merekomendasikannya. Jadi, cara termudah mendapatkan arsitek adalah mencari yang banyak direkomendasikan.

 

Melalui tips tersebut maka akan lebih mudah dalam memilih arsitek rumah yang tepat. Jika kamu ingin menggunakan jasa arsitek rumah terpercaya, kamu bisa mempercayakannya pada mitrarenov.com yang sudah malang melintang di berbagai kegiatan pembangunan rumah.