5 Tips Memilih Gedung Untuk Kantor Terbaik di Situs Sewa-kantor.net

Memilih gedung untuk kantor tidak mudah. Semua harus dipastikan dengan teliti karena menyangkut kenyamanan dalam bekerja serta kredibilitas kantor di mata khalayak. Mulai dari lokasi, kondisi gedung, maupun sarana dan prasarananya. Berikut tips memilih gedung untuk kantor yang bisa dilakukan agar tidak merasa sial di hari kemudian.

1. Utamakan Memilih Lokasi Gedung Yang Strategis

Tips memilih gedung untuk kantor yang pertama adalah memilih lokasi gedung yang strategis. Dalam hal ini kata strategis bisa berarti luas. Strategis bisa bermakna letak kantor yang mudah dijangkau oleh karyawan maupun pelanggan. Misalnya, terletak di pusat kota, kawasan populer, dekat jalan besar, ataupun dekat dengan pemukiman warga.

Pemilihan lokasi gedung untuk dijadikan kantor bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dilakukan. Selain itu, melakukan survey beberapa pilihan lokasi sangat perlu, sebelum memilih lokasi terbaik yang paling pas dengan kebutuhan. Jika merasa bingung, bisa mengunjungi situs sewa kantor sebagai sumber informasi tentang penyewaan gedung untuk kantor.

2. Pastikan Fasilitas Dalam dan Luar Gedung Baik

Ketersediaan fasilitas penunjang di dalam gedung maupun di luar gedung sangat mempengaruhi kualitas sebuah kantor. Lingkungan bangunan kantor yang bersih, memiliki pencahayaan dan ventilasi udara yang baik bisa membuat karyawan maupun pengunjung betah. Selain itu lingkungan yang sehat juga membentuk reputasi baik perusahaan di mata orang lain.

Pastikan pula ketersediaan air bersih dan listrik memadai. Jangan sampai kualitas listrik yang tersedia tidak mencukupi dan mengganggu kelancaran aktivitas usaha. Hal lain yang harus diperhatikan dan penting bagi suatu gedung kantor adalah fasilitas luar ruangan, seperti area parkir.

Area parkir sangat erat kaitannya dengan sistem keamanan. Pastikan gedung yang dipilih untuk dijadikan lokasi kantor memiliki sistem keamanan yang bagus. Tersedia pos pengamanan dan area parkir yang luas, aman dan nyaman.

3. Sesuaikan Luas Gedung dengan Kebutuhan

Tips memilih gedung untuk kantor selanjutnya yaitu menyesuaikan luas gedung dengan kebutuhan usaha. Pahami terlebih dahulu jenis usaha yang dijalani dan perkirakan luas area yang dibutuhkan untuk bekerja. Menentukan luas gedung bisa dilakukan dengan menghitung kira-kira area dan jumlah ruang yang dibutuhkan. Misalnya ruang untuk karyawan, gudang, lobby, dan lainnya.

Melakukan penghitung yang tepat sebelumnya memperkecil kemungkinan salah atau tidak sesuai dalam memilih gedung. Penyesuaian luas area gedung yang ingin dijadikan kantor erat kaitannya dengan estimasi biaya. Semakin besar area yang dibutuhkan, semakin besar pula anggaran yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. 

4. Perhatikan Biaya Sewa dan Kontrak Gedung

Berkaitan dengan luas gedung yang dibutuhkan, tips berikut membahas tentang biaya sewa. Semakin besar area yang dibutuhkan, semakin mahal pula sewanya. Carilah gedung dengan biaya sewa yang sesuai dengan budget. Bila perlu lakukan negosiasi harga sewa kepada pemilik bangunan/gedung. Pilih gedung dengan harga sewa yang murah namun kualitas dan fasilitasnya tidak murahan.

Pastikan kontrak perjanjian sewa gedung telah sesuai. Jangan sampai ke depannya terdapat kesalahpahaman dengan pihak lain atau pemilik gedung. Terlebih di masa seperti sekarang ini, di mana penipuan sangat marak terjadi. Sehingga memastikan legalitas di atas kertas adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. 

5. Pastikan Ada Akses Mudah Ke Fasilitas Penunjang

Gedung kantor dengan lokasi yang baik dan akses mudah ke banyak fasilitas penunjang akan sangat mempermudah usaha/pekerjaan. Misalnya, terjangkau fasilitas umum seperti bank, transportasi umum, ataupun rumah sakit. Akses mudah menuju berbagai fasilitas tersebut akan mempersingkat jarak tempuh dan mempercepat pekerjaan.

Itulah 5 Tips memilih gedung untuk kantor yang bisa dipertimbangkan. Memilih gedung yang sesuai tidak selalu mudah, untuk itu diperlukan survey lokasi pada beberapa pihan tempat. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan pengusaha dapat menemukan dan memilih gedung yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.