Arti Reboot di HP Android dan Perbedaannya dengan Restart

HP Android memiliki beberapa kata yang mungkin masih sangat asing. Misalnya orang-orang belum paham apa arti reboot di HP Android dan masih banyak istilah lainnya. Setiap istilah tentu memiliki makna dan fungsi masing-masing.

Sebagian orang sudah sering mendengar istilah reboot. Istilah ini sudah ada sejak lama. Bahkan reboot juga terdapat pada komputer dan orang-orang sudah sering melakukannya.

Namun, belakangan ini kata reboot mulai sebagai pengisi topik. Artinya banyak orang yang memperbincangkan soal reboot. Bahkan banyak juga orang yang berusaha mencari tahu apa arti dari kata ini.

Arti Reboot di HP Android

Simpelnya, reboot adalah menutup semua aplikasi yang berjalan pada latar belakang dan latar depan. Reboot artinya adalah memulai kembali. Namun, hal ini berbeda dengan sistem restart.

Sebab pada reboot juga akan ada proses restart. Hal ini bisa anda lakukan pada Android maupun PC atau laptop. Saat HP Android dalam keadaan menyala, pasti akan menjalankan sistem, aplikasi, dan komponen lainnya.

Apabila anda melakukan proses reboot, maka semua kerja Android secara otomatis akan berhenti. Setelah itu, Android akan memulai ulang seluruh kerjanya. Reboot tidak akan menghapus data sama sekali.

HP Android hanya mati begitu saja dan akan hidup kembali. Tidak ada penyimpanan atau data yang akan terhapus. Setelah HP Android hidup, maka sistem akan bekerja seperti sebelumnya.

Arti reboot di HP Android ini berbeda dengan sistem restart. Hal ini perlu penjelasan khusus, sebab banyak orang yang mengira keduanya adalah hal yang sama.

Perbedaan Restart dan Reboot

Sebenarnya dalam penamaan kedua sistem ini tidak ada perbedaannya. Dalam terminologi bahasa reboot dan restart memiliki makna serta fungsi yang sama. Keduanya sama-sama memulai ulang dari awal proses booting sistem.

Pada proses restart, anda harus menekan tombol turn off untuk mematikan. Selanjutnya, untuk menyalakan ulang, anda juga harus menekan tombol yang sama. Dalam kondisi ini, tidak ada proses apapun yang terjadi.

Berbeda dengan reboot atau mulai ulang yang berarti anda memerintahkan sistem pada HP Android untuk berhenti. Secara otomatis HP akan menyala tanpa anda menekan tombol apapun.

Fungsi Reboot

Setelah mengetahui arti reboot di HP Android, kini anda harus mengetahui fungsi dari reboot. Sebagai pengguna HP Android, tidak ada salahnya anda sering melakukan reboot, sebab memiliki banyak fungsi. Berikut adalah fungsi reboot:

Menyelesaikan Kesalahan Fungsional Error

Reboot bisa menghilangkan kesalahan pada HP Android. Misalnya ada kendala erorr sistem. Terkadang pada beberapa fitur HP gagal untuk menyala. Kasus ini bisa dengan mudah teratasi dengan reboot.

Mengoptimalkan Sistem

Fungsi dari reboot selanjutnya adalah untuk mengoptimalkan kinerja HP Android. Biasanya HP sering lemot dan lambat laun akan rusak. Untuk mencegahnya, anda bisa melakukan proses reboot.

Membersihkan Memori

RAM adalah penyimpanan latar belakang. Biasanya hal ini akan membuat HP Android lemot dan sulit menjalankan sistemnya. Tak hanya itu, RAM yang kecil juga akan berpengaruh pada jumlah aplikasi yang berjalan pada latar belakang.

Agar HP Android tidak lemot, anda bisa menggunakan sistem reboot ini. Dalam hal ini, arti reboot di HP Android adalah memulai ulang. Dengan memulai ulang, maka ponsel bisa mengosongkan memori hingga 70 persen dari total besaran RAM.

Mengatasi Aplikasi yang Error

Tak hanya untuk kerja HP Android saja, fungsi reboot juga bisa untuk aplikasi yang eror. Biasanya aplikasi akan sulit untuk terbuka. Dalam hal ini, anda bisa melakukan reboot.

Setelah anda melakukan reboot, aplikasi akan bisa digunakan dengan normal. Tidak ada kesalahan lagi dan biasanya akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

Inti dari segala fungsi reboot yang ada yaitu untuk mengembalikan semua sistem kerja pada HP Android. Yang tadinya HP lemot dan sulit untuk dijalankan akan lancar. Sehingga memudahkan anda dalam mengoperasikan aplikasi yang ada pada HP Android.

Cara Reboot HP Android

Tidak lengkap rasanya jika anda hanya mengetahui arti reboot di HP Android saja. Dengan begitu, anda juga harus mengetahui cara reboot HP Android. Berikut adalah caranya:

Pada dasarnya, reboot HP pada semua merk memiliki cara yang sama. Anda hanya perlu menekan tombol power off/on. Tahan tombol tersebut beberapa detik dan akan muncul jendela baru.

Terdapat menu reboot, restart, atau mulai ulang. Nah, anda bisa menekan tombol reboot dan tunggu beberapa saat. Anda juga bisa menggunakan aplikasi tertentu agar bisa memiliki sistem reboot.

Adapun cara manualnya adalah dengan mematikan HP dan mencopot baterai, lalu mengembalikannya. Namun, HP Android zaman sekarang kebanyakan menggunakan baterai tanam. Sehingga tidak bisa dicopot ulang seperti HP zaman dahulu.

Itulah arti reboot di HP Android dan cara menggunakannya. Bedakan antara reboot dan restart. Walaupun memiliki arti yang sama, tapi berbeda fungsi.