Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Mudah dan Cepat

Cara membuat tulisan Arab di WhatsApp sebenarnya sangat mudah. Menulis Arab ini bisa dengan menggunakan aplikasi dan tidak. Tergantung dari versi ponsel masing-masing pengguna.

Kini ponsel sudah ada yang memiliki fitur atau bahasa Arab. Sehingga pengguna WhatsApp tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan agar bisa membuat huruf Arab. Terkadang penggunaan huruf Arab ini sangat penting.

Misalkan ketika kita sedang mengetik ayat Al-Qur’an untuk tugas akan lebih mudah jika sudah mengetahui caranya. Padahal fitur WhatsApp memiliki banyak huruf yang bisa kita gunakan. Ada tulisan tagalog dari Thailand yang bentuknya mirip aksara Jawa kuno.

Namun, kali ini akan fokus pada tulisan Arab dulu yang di ambil dari blog https://angkasa.co.id/. Sebab kebanyakan orang akan membutuhkan tulisan ini untuk berbagai kepentingan.

 

Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Kita bisa membuat tulisan Arab pada WhatsApp tanpa aplikasi. Namun, kita perlu menambahkan bahasa masukan pada keyboard bawaan pada ponsel. Nantinya kita tinggal mengganti dari keyboard bahasa Indonesia ke bahasa Arab.

Berikut adalah caranya yang bisa kita lakukan:

  1. Membuka aplikasi WhatsApp pada room chatting.
  2. Selanjutnya, kita bisa menekan tombol pengaturan pada keyboard bawaan HP.
  3. Setelah itu, pilih opsi Language and T
  4. Kita bisa tekan pada opsi Manage Input L
  5. Lakukan download database bahasa Arab. Biasanya jenis font ini bernama Arabic.
  6. Jika sudah, kita bisa mengaktifkan keyboard bahasa Arab.
  7. Kembali ke room WhatsApp.
  8. Untuk mengganti menggunakan font bahasa Arab, caranya tinggal menggeser spasi. Secara otomatis tulisan akan berubah ke mode Arab.

Setelah selesai menggunakannya, bisa kembali menggeser spasi. Maka font akan kembali ke bahasa Indonesia sesuai sebelumnya. Kelebihan dari cara ini adalah tidak perlu menginstal aplikasi tambahan yang memakan banyak ruang penyimpanan.

Membuat Tulisan Arab WhatsApp Dengan Aplikasi Swiftkey

Cara membuat tulisan Arab di WhatsApp berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Swiftkey. Aplikasi ini salah satu aplikasi keyboard yang bagus dan populer. Kamu bisa mengunduhnya pada Google Play Store secara gratis.

Swiftkey memiliki berbagai kelebihan antara lain adalah emoji, sticker, GIF, dan support hampir semua bahasa. Pengembang aplikasi ini adalah dari TouchType yang merupakan anak dari perusahaan Microsoft. Sehingga terjamin keamanan dan kepercayaannya.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

  1. Instal aplikasi dari Google Play Store.
  2. Setelah itu, bisa membuka aplikasinya.
  3. Pada tampilan awal kita akan melakukan aktivasi terlebih dahulu.
  4. Kita bisa pilih opsi Enable Swiftkey.
  5. Lalu, centang pada opsi Swiftkey.
  6. Setelah itu, kita pilih pada menu Select Swiftkey Keyboard
  7. Klik opsi Get Better Predictions, lalu klik tombol Not Now.
  8. Klik pada opsi Languages, lalu klik pada opsi All Languages.
  9. Temukan tulisan bahasa Arab, lalu download.
  10. Setelah itu, bisa klik pada centang biru.
  11. Kita bisa buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke room chat.
  12. Secara otomatis font sudah berubah ke bahasa Arab.
  13. Untuk mengembalikan font bisa geser tombol spasi.

Membuat Tulisan Arab pada WhatsApp dengan Harakat

Biasanya saat mengetik pada WhatsApp dengan menggunakan bahasa Arab belum disertai harokatnya. Kini ada cara membuat tulisan di WhatsApp lengkap dengan harokatnya. Namun, cara ini membutuhkan aplikasi tambahan.

Nama dari aplikasi tersebut adalah Keyboard Arabic Harokat. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store. Berikut adalah acara menggunakan aplikasi tersebut:

  1. Download aplikasi pada Play Store dan instal.
  2. Pada menu tampilan awal bisa klik Set Enable Keyboard.
  3. Lalu, bisa klik keyboard Arabic Harokat default.
  4. Setelah itu, bisa kembali ke halaman awal. Lalu, pilih opsi Change Keyboard.
  5. Centang opsi First Arabic H
  6. Buka aplikasi WhatsApp dan mulai menulis dengan keyboard harokat.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa menyajikan ketikan Arab yang lengkap dengan harokatnya. Hal ini bisa membantu kamu yang masih belajar bahasa Arab dan tanda bacanya. Dalam aplikasi ini memang banyak iklannya, namun tidak menurunkan kualitas aplikasi yang luar biasa.

Itulah cara membuat tulisan Arab di WhatsApp yang mudah dan bisa menggunakan aplikasi maupun tidak. Cara menggunakannya juga mudah sehingga orang awam pun akan cepat memahami penggunaannya. Apalagi tampilan yang sederhana membuat aplikasi yang ada banyak peminatnya.

Sumber : hanson.co.id