Cara Mengatasi Hp Lag Saat Bermain Game dengan Mudah

Lag adalah istilah lain dari macet saat Hp sudah terlalu lama digunakan dan disebabkan oleh banyaknya data sampah. Ada berbagai cara mengatasi Hp lag saat main game yang dapat dicoba agar lancar saat digunakan untuk bermain game. Cara paling mudah agar tidak lag  saat bermain game adalah dengan mengoptimalkan kinerja dari Hp tersebut dengan cara:

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari ponsel karena dengan menghapus aplikasi yang tidak penting berarti mengurangi penyimpanan agar menjadi ringan. Tentu saja cara ini membuat Hp menjadi tidak nge-lag dan lancar saat digunakan untuk bermain game. Langkah-langkah untuk menghapus aplikasi yang tidak penting, yaitu:

  • Langkah pertama ada masuk ke pengaturan Hp.
  • Cari menu Aplikasi dan klik menu tersebut.
  • Setelah itu cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus.
  • Jika sudah ditemukan maka tap aplikasi dan hapus instalan.

2. Menggunakan Memori Tambahan

Memori tambahan atau biasa disebut dengan kartu SD ini bisa dijadikan alternatif agar Hp menjadi tidak lag atau macet. Cara mengatasi hp lag saat main game ini sangat cocok untuk pengguna Hp yang minim penyimpanan karena pada saat bermain game membutuhkan penyimpanan data yang cukup banyak. Semakin besar memori yang digunakan maka akan semakin banyak juga file yang dapat ditampung.

3. Menggunakan Koneksi Internet yang Stabil

Saat bermain game dan Hp mengalami lag, tidak hanya dikarenakan sistem penyimpanan dalam Hp tersebut. Bisa saja karena jaringan dari internet yang tidak stabil. Sehingga gamer harus memastikan bahwa internet yang digunakan tetap stabil saat bermain game.

Tidak hanya itu saja para gamer juga harus memastikan bahwa kuota internet yang digunakan masih banyak dan mencukupi untuk bermain game. Atau dengan cara lain yaitu bisa menggunakan wifi agar lebih lancar lagi saat bermain.

4. Menyetel Ulang Pabrik

Cara yang biasa dan sering digunakan oleh para gamer saat Hp lag adalah dengan menyetel ulang Hp ke setelan pabrik. Menggunakan cara ini memang besar resikonya, namun dapat dibilang paling ampuh untuk mengatasi Hp saat lag. Resiko besar yang dimaksud disini adalah kehilangan semua data-data pada di Hp tersebut.

Untuk menghindari hal itu, sebelum menyetel ulang Hp akan lebih baik jika mencadangkan terlebih dahulu semua data. Agar data-data yang penting tidak ikut terhapus saat melakukan reset pabrik, caranya yaitu:

  • Buka pengaturan dan pilih setelan tambahan.
  • Selanjutnya pilih opsi Cadangkan & Setel Ulang dilanjutkan ke setelan pabrik.
  • Setel ulang Hp dan nyalakan kembali, Hp tidak akan lag saat digunakan untuk bermain game.

Itulah beberapa cara mengatasi hp lag saat main game agar lancar saat digunakan. Artikel di atas akan membantu memberikan solusi yang terbaik bagi pengguna yang mengalami hal tersebut. Untuk mengetahui informasi seputar tips dan trik dunia gadget, bisa mengakses https://biggu.com, situs paling populer saat ini.