Cara Menghindari Aplikasi Palsu Berisi Virus dan Malware

Mendapat dukungan open source menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi Android, sebab dapat memudahkan kustomisasi sistem. Selain sistem operasi, Android ternyata juga memudahkan developer dalam pengemgangan aplikasi terbarunya.

Sayangnya, berkat kemudahan ini semakin banyak kasus beredarnya aplikasi Android palsu atau bajakan yang berisi virus dan malware. Tentu bisa bahaya banget, kan? Makanya, melalui artikel ini kami akan membagikan cara menghindari aplikasi palsu berisi virus dan malware yang penting Anda ketahui. Apa saja? Dikutip dari Abadi 55

Cara Menghindari Aplikasi Palsu Berisi Virus dan Malware

Perhatikan Ukuran Filenya

Kesulitan saat download aplikasi Android dari Play Store? Anda memang masih bisa menggunakan toko aplikasi dari pihak ketiga untuk download aplikasi. Tapi, penting untuk diingat, selalu perhatikan ukuran file di toko tersebut dengan yang ada di Play Store.

Jika filenya lebih besar dari aplikasi resmi, maka Anda wajib curiga. Sebab, bisa jadi ukuran filenya tersebut jadi lebih besar setelah disisipi virus dan malware yang nantinya akan mencuri data – data pentingmu.

Perhatikan Permission

Ketika download dan install aplikasi HP Android terbaru, pastinya akan muncul permission. Nah, di sini Anda harus memperhatikan apa saja yang diminta akses oleh aplikasi tersebut. Apabila ada aplikasi editing foto misalnya yang meminta akses ke mobile data atau kontak, maka Anda harus curiga.

Bagi pengguna Android Marshmallow ke atas bisa dengan mudah mengatur permission aplikasi lewat menu Pengaturan atau Setting – Apps. Kemudian Anda bisa cari pilihan App Permissions dimasing – masing aplikasi yang terinstall di perangkat Anda.

Menghindari Aplikasi Berbayar

Ya, sebagai pengguna HP Android Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi berbayar dengan cara mencari file aplikasi dari aplikasi terkait. Tapi, tahukah Anda ternyata kebiasaan tersebut membuat banyak hacker bertindak jahat dengan menyisipkan virus dan malware pada aplikasi Android berbayar.

Jikalau Anda ingin coba aplikasi berbayar secara gratis, maka Anda bisa mencoba cara refund di Play Store.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menghindari aplikasi palsu berisi virus dan malware. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Courier Blog by Crimson Themes.
toto23 login situs ying77 slot gacor https://ladang.smkn1cianjur.sch.id/ https://slot88.smkn1cianjur.sch.id/ https://idn.smkn1cianjur.sch.id/ slot777