Ciri-ciri Lolos Interview Paling Mudah Dikenali

Mencari pekerjaan memang bukan perkara yang mudah karena harus bersaing dengan pelamar kerja lainnya. Salah satu tahapan dalam melamar kerja adalah interview. Meskipun tahapan ini bukan yang terakhir namun sangat penting sekali agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Terdapat ciri-ciri lolos interview yang bisa diidentifikasi sejak dini. Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Negosiasi Gaji

Setiap orang yang bekerja di suatu tempat pasti akan mendapatkan gaji sebagai upah atas kerja keras yang telah dilakukannya selama ini. Biasanya, penawaran gaji ini berada pada saat wawancara kerja. Hal ini sebagai tanda bahwa ada indikasi pelamar kerja akan diterima apabila sudah sampai tahap menawarkan gaji.

Tentu saja hanya kandidat tertentu saja yang akan ditawarkan gaji oleh orang yang melakukan interview. Biasanya penawaran gaji ini akan dilontarkan ketika di akhir wawancara karena sudah berhasil meyakinkan pewawancara untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Apabila terjadi kesepakatan gaji antara kedua belah pihak besar kemungkinan bahwa pelamar kerja akan diterima.

2. Kejujuran Recruiter Tentang Kebutuhan Perusahaan

Dibuka lowongan kerjaan yang baru menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki kekurangan karyawan sehingga harus mencari tambahan. Tak jarang pula karyawan baru akan diajak untuk mencari solusi atas permasalah yang terjadi pada divisi tertentu. Tanda bahwa recuiter telah luluh kepada pelamar kerja adalah menjelaskan secara jujur kebutuhan dari perusahaan.

Ciri-ciri lolos interview yang satu ini tentu akan mudah dikenali ketika pelamar kerja diajak untuk berdiskusi dalam menemukan jalan terbaik dari masalah yang diberikan. Disini, kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah pun sangat dibutuhkan. Jika mampu melewati tahap ini, dipastikan bisa lolos.

3. Dijelaskannya Hak-hak Yang Didapatkan

Tahap awal ketika melamar kerjaan tentu saja membutuhkan surat lamaran kerja yang harus dibuat semenarik mungkin. Apabila telah lolos sampai tahap wawancara, biasanya akan ditanyai mengenai berbagai hal. Tak jarang pula recruiter akan menjelaskan mengenai kewajiban yang harus dilakukan oleh pelamar kerja ketika sudah diterima.

Tak hanya itu saja, salah satu tanda bahwa pelamar kerja akan diterima adalah dijelaskan mengenai beberapa hak yang bisa diterima oleh calon pekerja. Hal tersebut menandakan bahwa recruiter telah tercuri hatinya sehingga tertarik untuk mengangkat pelamar kerja untuk menjadi salah satu karyawan di perusahaan tersebut.

4. Diperkenalkan Dengan Tim Kerja

Terdapat banyak sekali tim kerja yang ada di perusahaan. Apabila pelamar kerja sudah mulai diperkenalkan dengan tim yang ada di perusahaan tersebut, maka sebentar lagi akan menjadi bagian dari perusahaan. Memang ciri ini mudah sekali ditebak bahwa pelamar kerja sudah mulai diterima di perusahaan tersebut.

Itulah ciri-ciri lolos interview yang sangat mudah sekali untuk dikenali. Apabila mengalami ciri-ciri tersebut ketika sedang melamar pekerjaan, maka bersiaplah untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Tentu terdapat ciri lain yang bisa dikenali pula dengan mudah.