Ide Jualan Modal Kecil Untung Jutaan

Ditengah pandemi covid-19 ini banyak perekonomian yang terguncang. Tidak hanya dialami oleh beberapa golongan orang namun hampir semua orang terdampak dengan adanya pandemi ini. Tapi, mau tidak mau kita harus tetap berusaha untuk menstabilkan perekonomian. Keterbatasan lapangan pekerjaan harusnya bukan menjadi kendala. Masih banyak cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan pemasukan. Membuka usaha mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat ini.

Usaha Kuliner Sebagai Solusi

Salah satu contoh usaha yang paling cocok saat ini adalah usaha kuliner modal kecil. Usaha kuliner dinilai sebagai usaha yang paling menjanjikan. Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia sehingga usaha kuliner yang dijalankan dengan serius pasti akan berkembang baik.

Usaha kuliner juga tidak memerlukan banyak modal. Kita bisa memulai usaha makanan modal kecil dengan cara berjualan jajanan. Ya, jajanan merupakan salah satu usaha kuliner yang sering dicari. Usaha jajanan ini merupakan usaha kuliner dengan modal kecil.

Bagaimana tidak, dengan modal kurang dari seribu, kita bisa mendapatkan untung hingga 7 kali lipat jika kita pandai mengolahnya. Jika kita kreatif akan ada banyak sekali peluang usaha kuliner dengan modal kecil. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha kuliner modal kecil untung besar yang bisa menjadi referensi kita.

Contoh Usaha Jualan Modal Kecil Dengan Untung Besar

jika kita gigih dan mau berusaha sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha kuliner modal kecil. Salah satu usaha makanan dengan modal kecil adalah dengan berjualan stik tempe mie goreng. Kita cukup memotong tempe dengan ukuran panjang kira – kira 10cm dan ketebalan sesuai keinginan lalu gulung dengan mie kuning dan goreng. Hanya dengan modal kurang dari seribu rupiah kita bisa mendapatkan untung yang besar.

Ide usaha makanan modal kecil untung besar lainnya adalah dengan berjualan nasi padang versi murah. Caranya adalah siapkan kertas nasi dengan ukuran kecil. Isi dengan nasi, daun singkong rebus kira – kira satu sendok makan, telur dadar goreng garing dan sayur gulai nangka. Hanya perlu modal 2 ribu rupiah kita bisa menjual hingga 5 ribu rupiah. Tipsnya adalah campurkan tiga butir telur dan kocok dengan 50 ml air dan 3 sdm makan tepung. Hasilnya bisa untuk membuat 10 porsi nasi bungkus.

Usaha lainnya yang bisa dicoba dan mudah adalah dengan berjualan pizza lipat. Caranya pipihkan roti tawar hingga tipis. Lalu potong menjadi 4 bagian dan olesi dengan saus Bolognese. Taburkan sedikit oregano dan taruh sosis yang sudah dipotong menjadi 2 bagian lalu gulung dan panggang diatas teflon. Sebenarnya jika kita mau masih ada ratusan lagi contoh peluang usaha makanan dengan modal kecil.  Kita juga bisa mencoba membuat minuman kesehatan atau usaha lainnya sesuai kreatifitas masing – masing.

Modal Usaha Menjadi Kendala

Selain ide usaha, banyak orang mengalami kendala dalam membuka usaha karena tidak memiliki modal. Dapat dipahami meskipun banyak usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil, namun saat pandemi ini beberapa orang kesulitan mencari modal walaupun tidak banyak.

Solusi yang bisa diambil adalah dengan mencari modal usaha makanan melalui pinjaman yang mudah pengajuannya. Hindari pinjaman melalui fintech ilegal atau legal namun memberikan bunga yang tidak masuk akal.  Kita sebaiknya mencari bantuan modal usaha dengan bunga yang kecil dan mudah disetujui sehingga kita bisa membayar bunganya tanpa mengganggu arus keuangan usaha kita.

Ada banyak sebenarnya bantuan yang bisa didapatkan baik melalui bank atau lembaga keuangan lainnya. Hanya saja, terkadang syarat yang diminta terlalu sulit. Salah satu cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan bantuan usaha kuliner modal kecil adalah melalui BFI Finance. Ada banyak produk yang ditawarkan untuk nasabahnya. Bunga yang diberikan juga tidak besar sehingga sesuai untuk modal usaha.

Salah satu produk yang bisa memberikan pinjaman dalam waktu cepat adalah pinjaman berjaminan BPKB mobil. Dengan menjaminkan BPKB kita bisa mendapatkan pinjaman untuk usaha kuliner modal kecil dengan minimum pinjaman 10 juta. Bunganya juga flat sebesar 0.95% saja per bulan. Untuk tenor yang diberikan juga cukup panjang yaitu 12 hingga 48 bulan sehingga angsuran per bulannya tentu tidak terlalu besar.

Jika kita tidak memiliki mobil, kita bisa mencoba menjaminkan BPKB motor. Untuk motor ini sendiri bunganya juga cukup ringan. Bunga yang dibebankan 2.25% per bulan dan bersifat flat. Minimum pinjaman mulai dari 1 juta dan tenor 6 hingga 18 bulan.

Lalu bagi kita yang membutuhkan modal usaha cukup besar, kita bisa mencoba menjaminkan sertifikat rumah. Untuk sertifikat rumah ini, minimum pinjaman cukup besar yaitu 50 juta rupiah. Dengan tenor 16 hingga 60 bulan. Sedangkan bunga per bulannya 1.03 per bulan flat dengan suku bunga per tahun hanya 13% yang jika dihitung – hitung setara dengan bunga KPR pada bank nasional namun dengan proses pengajuan yang sangat mudah.

Untuk bisa mengajukan bantuan modal usaha pada BFI Finance, kita bisa melakukan pengisian formulir secara online. Setelah berkas kita kirim secara online, maka kita akan mendapatkan konfirmasi via telepon. Akan ada survey lokasi lalu dana akan cair sesuai estimasi waktu saat pengajuan.

Itulah tadi beberapa contoh ide usaha kuliner modal kecil dan bagaimana cara mendapatkan modal usaha dengan bunga kecil dan tenor panjang. Kembali kepada kita masing – masing kapan dan apakah mau berusaha. Usaha tidak akan bisa dijalankan jika kita tidak memulai. Jangan jadikan pandemic sebagai alasan untuk menghancurkan kehidupan kita. Selamat berwirausaha!