Inilah 5 Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Bubur kacang hijau bisa dijadikan pilihan bagi ibu untuk dikonsumsi di masa kehamilan. Kacang hijau sendiri diketahui memiliki beragam nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Diketahui, makanan ini memiliki kandungan berupa protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Selain itu saat bayi sudah lahir dan mulai tumbuh bisa juga menggunakan botol susu yang bagus untuk bayi Dr Browns.

Berikut adalah manfaat bubur kacang hijau untuk ibu hamil :

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat bubur kacang hijau untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk melancarkan saluran cerna.  Hal tersebut dikarenakan makanan ini mengandung serat disebut dengan pectin. Fungsi dari pektin sendiri adalah untuk menjaga usus dan juga mempercepat gerakan dari makanan sehingga lebih mudah dicerna.

Selain itu, kacang hijau juga akan mengurangi sembelit yang terjadi pada ibu hamil. Karbohidrat yang ada pada makanan ini lebih mudah untuk dicerna dibandingkan jenis kacang lainnya. Dengan mengkonsumsinya secara cukup, ibu hamil pun akan mendapatkan manfaatnya.

2. Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Lebih lanjut, kacang hijau diketahui juga memiliki kandungan zat besi. Zat tersebut mempunyai fungsi yang penting untuk tubuh berupa menjaga tekanan dari darah  pada ibu hamil tetap stabil. Dengan begitu, ibu dan bayi pun akan terjaga kesehatannya.

Saat hamil, ibu akan membutuhkan zat besi yang lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Bila ibu kekurangan zat besi ini maka ibu akan mengalami kekurangan darah atau disebut dengan anemia. Dengan mengkonsumsi zat besi yang cukup maka kadar darah pada bayi pun ikut terjaga pula.

3. Membantu Pertumbuhan Bayi

Lebih lanjut, manfaat lainnya yang bisa didapatkan ialah untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan tubuh dari bayi saat berada di perut ibu ibu. Hal tersebut dikarenakan kacang hijau memiliki zat yang disebut asam folat dimana baik untuk bayi.

Selain membantu perkembangan, asam folat juga berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Kemudian, asam folat juga dapat mencegah adanya kecacatan saat bayi lahir dan juga gangguan pada perkembangan otaknya.

4. Mencegah Prematur

Lebih lanjut, kacang hijau juga memiliki kandungan mikronutrien berupa zinc yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Zinc ini beserta zat besi yang terkandung dalam kacang hijau dapat mencegah bayi lahir prematur nantinya.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc dan zat besi, maka tubuh bayi di dalam kandungan ibu pun ikut berkembang. Selain itu, makanan tersebut juga dapat membuat berat badan bayi menjadi stabil saat lahir nanti.

5. Sebagai Antioksidan

Kemudian, kacang hijau diketahui juga memiliki kandungan berupa zat vitamin A yang baik untuk tubuh. Kemudian, diketahui vitamin A sendiri memiliki fungsi salah satunya yaitu untuk menangkal adanya radikal bebas pada tubuh.

Dengan mengkonsumsi kacang hijau yang kaya akan antioksidan, maka kebutuhan vitamin A ibu hamil pun bisa dipenuhi. Namun, pastikan bahwa makanan tersebut dikonsumsi secukupnya saja dan tidak berlebih-lebihan.

Demikianlah manfaat dari bubur kacang hijau untuk ibu hamil yang harus diketahui. Meskipun memiliki beragam manfaat, ibu juga harus berkonsultasi kepada dokter untuk keterangan lebih lanjut. Kemudian, saat bayi sudah mulai bisa menyusu menggunakan botol, ibu juga bisa menggunakan botol susu Dr Brown’s yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kolik pada bayi.