Inilah Perbedaan WhatsApp GB Dengan WhatsApp Biasa

Diketahui, aplikasi WhatsApp GB merupakan salah satu modifikasi lain dari WhatsApp yang mulai banyak digunakan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini memiliki sejumlah fitur unggulan yang tidak tersedia dalam versi aslinya. Untuk mengetahui keunggulan dari WA GB, maka pengguna bisa membaca ulasannya di kaltimtuntas.id. Sebelum menggunakan aplikasi modifikasi ini, berikut adalah beberapa perbedaan WhatsApp GB dan versi original.

1. Cara Memperoleh Aplikasi

Perbedaan WhatsApp GB dengan aplikasi WhatsApp biasa yang pertama adalah cara untuk mendapatkannya. Untuk WA biasa, bagi pengguna android maka bisa memperolehnya dari Play Store yang sudah terpasang di smartphone masing-masing. Sedangkan bagi pengguna iOS bisa mendownloadnya secara gratis melalui App Store dengan cepat.

Kemudian, untuk WA GB ini pengguna bisa mendapatkannya melalui website tertentu yang menyediakan berbagai aplikasi. Kemudian, jenis-jenisnya pun berbeda-beda karena dikembangkan oleh pihak yang berlainan.

2. Legalitas Aplikasi

WA merupakan aplikasi resmi milik WhatsApp LLC yang sekarang sudah diakuisisi oleh Meta. Tentunya, karena merupakan aplikasi resmi maka WA pun memiliki lisensi resmi dan legalitasnya juga terjamin.  Pengguna pun dapat menemukannya di toko aplikasi sistem perangkatnya masing-masing.

Lalu, untuk WA GB adalah sebuah aplikasi modifikasi dari WA oleh pihak ketiga . Dengan demikian maka aplikasi ini adalah versi tidak resmi atau biasa disebut dengan Mod. Karena bukan aplikasi yang resmi maka pengguna bisa mendapatkannya melalui situs download lainnya.

3. Tingkat Keamanan

Selanjutnya, perbedaan WhatsApp GB dengan WhatsApp asli adalah tingkat keamanannya. Pada aplikasi WA resmi memiliki keamanan ganda yaitu adanya enkripsi end to end. Dengan demikian, berbagai file yang ada di WhatsApp dan menggunakan perangkat yang berbeda maka akan dibatasi.

Kemudian, pengguna juga perlu memasukkan password di waktu-waktu tertentu saat membuka WhatsApp. Karena itu, maka file yang ada di WhatsApp milik pengguna pun akan sulit dimanfaatkan oleh orang lain.

Sedangkan, untuk WhatsApp GB karena bukan merupakan aplikasi resmi maka tingkat keamanannya pun tidak diketahui. Karena jenis WA GB bermacam-macam maka bisa saja ada yang membawa virus masuk ke perangkat yang digunakan oleh pengguna. Virus ini dapat ,menyebabkan berbagai kerusakan dan juga bisa mengambil data milik pengguna untuk disalahgunakan.

4. Cara Menginstal

Perbedaan lainnya adalah cara penginstalan dari kedua aplikasi ini. Untuk aplikasi WA biasa, maka pengguna bisa mendownloadnya melalui toko aplikasi yang ada di ponselnya. Kemudian, setelah klik download maka aplikasi pun mulai didownload dan akan terinstal dengan sendirinya di smartphone milik pengguna.

Adapun WA GB karena bukan merupakan aplikasi resmi maka untuk mendownloadnya pengguna harus membuka situs yang menyediakan aplikasi melalui browser. Setelah itu, pengguna baru dapat menginstalnya.

5. Fitur

Pada WA biasa, fitur yang disediakan lebih sedikit dan terkesan simpel. Hal ini dilakukan supaya pengguna dari semua golongan dan usia dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan mudah dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan, untuk WA GB memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih inovatif. Hal tersebut karena  orang-orang tertentu saja  memakainya karena kebutuhan dan kelengkapannya.

Itulah beberapa perbedaan WhatsApp GB dengan WhatsApp versi biasa yang bisa dijadikan pertimbangan oleh pengguna. Dengan mengetahui perbedaan ini, pengguna dapat memilih untuk menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.