Kalor

1. Pengertian kalor

Kalor adalah salah satu bentuk energi yang dapat dipindahkan karena adanya perbedaan suhu. Satuan kalor dalam SI adalah joule sama dengan satuan energi. Kalor juga sering dinyatakan dalam satuan kalori, dimana:

1 kalori = 4,2 joule

1 joule = 0,24 kalori

2. Kalor untuk menaikan suhu zat

Jika sejumlah kalor diberikan kepada zat maka suhu zat akan naik. Banyak nya kalor yang diperlukan untuk menaikan suhu tiap satuan massa zat sebesar 1oC disebut dengan kalor jenis. Sehingga kalor jenis bisa ditulis :

kalor jenis

3. Kapasitas kalor (H)

Kapasitas kalor adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikan suhu sejumlah zat sebesar 10

Kapasitas kalor

4. Perubahan wujud zat

Pada saat terjadi perubahan wujud, zat menyerap atau melepaskan kalor. Banyaknya kalor yang dibutuhkan atau dilepas untuk kalor. Banyaknya kalor yang dibutuhkan atau dilepas unuk mengubah wujud setiap satuan massa zat disebut Kalor Laten (L).

Kalor laten

Karena kalor yang diberikan atau dilepas digunakan untuk mengubah wujud maka pada saat terjadi perubahan wujud suhu zat tetap.

5. Asas black

Jika sejumlah zat bersuhu tinggi dicampur dengan sejumlah zat lain dengan suhu rendah, maka akan dicapai suhu kesetimbangan, dimana zat yang suhunya tinggi akan melepaskan kalor sedang zat yang suhunya rendah akan menerima kalor tersebut, dimana:

Qlepas = Qterima

6. Perpindahan kalor

Ada tiga cara perpidnahan kalor yaitu secara:

  • Konduksi atau hantaran
  • Konveksi atau aliran
  • Radiasai atau pancaran

a. Perpindahan kalor secara Konduksi

Perpindahan kalor secar konduksi bisa terjadi melalui medium zat padat seperti batang tembaga, besi, dan lain-lain. Perpindahan kalor tanpa disertai prpindahan zat hantarnya. Setiap zat memiliki kemampuan menghantarkan kalor berbeda-beda dengan zat lain. Bahan yang sangat baik menghantarkan kalor dinamakan konduktor. Kalor akan mengalir dari ujung yang memiliki suu lebih tinggi ke ujung yan gsuhunya lebih rendah.

b. Perpindahan kalor secara Konveksi

Perpindahan kalor secara konveksi bias terjadi pada zat cair dan gas akibat adanya perbedaan massa jenis. Contoh yang paling nyata adalah saat kita memasak air, air yang dingin akan turun ke bawah sedangkan air yang sudah panas akan bergerak naik.

c. Perpindahan kalor secara Radiasi

Radiasi atau pancaran adalah perpindahan energi tanpa memerlukan medium. Contohnya pancaran energi/sinar matahari samapa ke bumi.