Kegunaan Mesin RO dalam Berbagai Macam Industri

Teknologi baru yang digunakan untuk membuat air bersih dengan cara disaring agar kontaminan dalam air bisa hilang adalah dengan mesin RO (reverse osmosis). Di indonesia sendiri mesin RO lebih dikenal dengan sebutan mesin osmosis terbalik. Teknologi ini sudah lama digunakan oleh NASA, sebagai alat penyaringan air yang akan dikonsumsi ketika berada di luar angkasa. 

Hasil saringan air dari filter RO lebih berkualitas dan higienis, bahkan bisa dikatakan mendekati murni. Maka tidak heran bila mesin ini banyak digunakan di industri-industri. Berikut ini beberapa industri yang menggunakan mesin RO:

1. Perusahaan yang Menggunakan Water Cooler dan Mesin Boiler

Mesin RO dalam industri yang menggunakan water cooler, mesin boiler dan chiller digunakan untuk demineralisasi air. Selain itu mesin RO juga bisa digunakan sebagai water softener. Namun harus diketahui bahwa kandungan kapur yang tinggi dalam air dapat menyebabkan menurunnya kinerja dari mesin RO ini.

2. Perusahaan dan Usaha Depot Air Isi Ulang

Menjalarnya depot isi ulang tidak terlepas dari banyaknya kebutuhan masyarakat akan air minum isi ulang yang bersih dan higienis. Tentunya kebutuhan ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan baik di desa ataupun di kota.

Awal mulanya, depot isi ulang menggunakan teknologi yang sangat sederhana untuk memproses airnya. Namun dengan berkembangnya zaman, kini depot isi ulang sudah menggunakan filter RO yang menghasilkan air lebih berkualitas.

Adanya teknologi reverse osmosis membuat pemilik usaha depot isi ulang tidak harus menunggu supplier untuk mengisi tangki air. Karena depot tersebut bisa menggunakan air PDAM atau air tanah kemudian disaring dan jadilah air higienis.

3. Pabrik Industri Air Kemasan

Selain depot isi ulang yang membutuhkan mesin RO, pabrik industri air kemasan juga banyak menggunakan mesin ini. Karena mesin RO mampu menghasilkan air minum murni yang berkualitas. Selain itu air yang dihasilkan memenuhi standar permenkes untuk diedarkan. Artinya air yang dihasilkan dari mesin RO aman dan layak di konsumsi.

Ada pula mesin RO untuk mengolah air laut agar menjadi air yang murni yang disebut dengan mesin SWRO. Untuk penggunaan mesin ini tentunya membutuhkan tekanan yang sangat tinggi. Untuk bisa mencapai tekanan tersebut, diperlukan pompa axial piston. Nantinya pompa tersebut akan dipadukan dengan membrane SWRO atau membrane RO air laut.

4. Industri Farmasi

Dalam industri farmasi membutuhkan mesin RO dengan spesifikasi dan standar yang tinggi. Karena industri ini menggunakan mesin RO untuk proses demineralisasi. Dimana air baku yang memiliki kadar mineral tinggi akan disaring kemudian menghasilkan air murni atau purified water.

Air murni inilah yang akan digunakan untuk pembuatan obat agar sesuai dengan standar dari perusahaan farmasi. Harus diketahui bahwa perusahaan farmasi tentunya memiliki standar yang tinggi dalam pembuatan obat.

5. Rumah Sakit

Selain industri farmasi, rumah sakit merupakan salah satu industri yang membutuhkan mesin RO. Mesin RO digunakan untuk berbagai macam keperluan di rumah sakit. Misalnya seperti mesin hemodialisa, keperluan cuci tangan ruang OKA, mesin autoclave dan kebutuhan laboratorium rumah sakit lainnya.

Penggunaan mesin ini bertujuan untuk menghasilkan air dengan konduktivitas rendah. Dalam artian di bawah 10 microsiemens. Dengan kandungan konduktivitas rendah ini membantu memaksimalkan proses operasional dalam rumah sakit. Sebagai contoh, adalah penggunaan mesin autoclave. Dalam mesin ini menggunakan air yang dipanaskan kemudian menghasilkan uap panas yang digunakan untuk mensterilkan alat.

Masih ada banyak industri yang membutuhkan mesin RO. Karena memang sangat banyak kegunaan atau manfaat dari mesin RO ini dalam pengolahan air. Selain industri, mesin RO juga bisa digunakan dalam rumah tangga.