Kekerasan dan Kaitannya Dengan Konflik Sosial

Kekerasan (Violence)

Kekerasan adalah suatu tindakan kasar yang menyangkut penganiayaan atau pembunuhan dari satu pihak yang lain tanpa ada perlawanan.

 

Kaitan antara Konflik dan Kekerasan

Konflik dan kekerasan mempunyai kaitan yang sangat erat, bahkan sering kali sangat sulit untuk dipisahkan.Kekerasan melibatkan dua pihak atau lebih yang tidak seimbang sehingga tidak ada perlawanan dari salah satu pihak.Sebaliknya pada konflik sosial, kedua belah pihak berada pada posisi sadar dan sengaja untuk memperebutkan sesuatu diikuti dengan benturan-benturan fisik.

 

Perbedaan antara Konflik dan Kekerasan

Konflik Kekerasan
a.          Menimbulkan korban, baik dalam bentuk harta benda maupun nyawa pada kedua belah pihak. Menimbulkan korban kerusakan harta benda maupun nyawa, tetapi hanya terjadi pada pihak yang lemah saja.
b.          Ada pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia, tetapi dilakukan secara berimbang antarpihak. Ada pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan dari pihak yang kuat kepada pihak yang lemah.
c.          Proses terjadinya relatif panjang yang berawal dari kontravensi, kompetensi, hingga membentuk suatu konflik sosial. Proses terjadinya relatif lebih pendek yang berada dalam suatu proses interaksi antarpihak.
d.          Untuk melakukan penyelesaian dapat dilakukan oleh pihak ketiga melalui suatu proses perundingan perdamaian berdasarkan hasil kesepakatan dari kedua belah pihak. Untuk melakukan penyelesaian dilakukan melalui peradilan apabila ada tuntutan dari pihak yang lemah.