Mengenal Bitcoin dan Perkembangan Harganya Saat ini

Istilah Bitcoin mungkin sudah tidak asing di telinga beberapa orang. Mata uang virtual satu ini memang sedang sangat booming akhir-akhir ini. Walaupun, keberadaannya sudah cukup lama ada, namun sepertinya banyak orang yang mengarahkan perhatiannya pada aset virtual satu ini.

Mata uang virtual satu ini dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Karena dapat memberikan profit yang sangat besar pada para pemiliknya. Apalagi, dengan peningkatan kepopuleran mata uang ini. Membuat nilai kapitalisasinya menjadi semakin besar.

Namun, seperti kebanyakan instrumen investasi dan mata uang lainnya. Walaupun dalam bentuk virtual, mata uang ini juga bisa mengalami perubahan dan perkembangan harga. Membuatnya memiliki bentuk resiko tersendiri.

Mengenal Apa Itu Bitcoin

Sebelum mengetahui bagaimana perubahan dan perkembangan mata uang virtual satu ini. Tidak ada salahnya untuk membahas pengertian mata uang virtual satu ini secara singkat. Terutama, mungkin bagi yang belum terlalu awam dengan mata uang virtual.

Bitcoin sendiri bisa dikatakan sebagai mata uang virtual atau kripto pertama yang diciptakan di dunia. Sistem dari mata uang ini sangat terbuka, memungkinkan sistem berjalan tanpa pihak tertentu yang menjadi pengendalinya.

Karena rancangan yang bersifat umum ini, semua orang yang bisa mengambil bagian dan memilikinya. Proses transaksi dan penerbitan mata uang ini dilakukan secara kolektif dan berdasarkan jaringan.

Karena keunikannya ini, tidak heran jika mata uang kripto ini memiliki cara penggunaan yang berbeda. Apalagi, jika dibandingkan dengan sistem pembayaran atau mata uang lain yang sudah ada di dunia ini.

Perkembangan Harga Bitcoin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nilai dari mata uang kripto ini juga bisa mengalami yang namanya perkembangan. Jadi, nilai bisa naik maupun turun, perubahan ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor tertentu.

Akhir-akhir ini, harga mata uang kripto pertama ini sedang mengalami penurunan. Pada hari ini saja, mata uang Bitcoin tercatat mengalami penurunan sebanyak 1,94% hal ini membuat nilainya berubah menjadi US$ 41.375,81. Dalam rupiah, maka harga dari mata uang kripto ini sekarang adalah Rp589.947.

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi harga dari mata uang kripto ini. Pada penurunannya kali ini, diperkirakan situasi pandemi COVID-19 masing menjadi penyebab eksternal dari penurunan harga di pasar mata uang virtual.

Tidak hanya itu, ada beberapa penyebab yang mempengaruhi nilai dari mata uang virtual ini. Seperti keadaan saham di Amerika Serikat, leverage yang panjang, bentuk pasar yang beralih ke bentuk transaksi yang lebih tradisional dan sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai Bitcoin dan perkembangan nilainya pada saat ini. Nilai yang ada sekarang mungkin terlihat menurun, namun nilai ini bisa berubah. Tergantung dengan bagaimana situasi kedepannya dalam mempengaruhi nilai dari mata uang virtual satu ini.