Pemuaian

1. Kegunaan pemuaian zat

Prinsip kerja termometer raksa merupakan contoh dari kegunaan pemuaian zat. Sifat muai pada zat padat dipergunakan misalnya untuk mengeling. Pemanasan ban besi roda pedati dilakukan dengan cara memanaskan ban besi tersebut sebelum dipasang, ketika ban besi dingin maka akan terpasang sangat erat pada roda. Bimetal, kedua kepingnya terbuat dari dua logam dengan angka muai berbeda dikeling menjadi satu, ketika dipanaskan akan membengkok kearah logam yang angka muainya lebih kecil. Bimetal digunakan sebagai saklar otomoatis.

Macam pemuaian

2. Akibat pemuaian

  1. Ada pemasangan kaca jendela. Jika suhu naik atau hari panas, kaca akan memuai. Apabila kaca jendela dipasang rapat pada bingkainya kemungkinan dapat pecah.
  2. Pemasangan rel kereta api. Pemasangan sambunga rel kereta api diberi rongga agar jika terjadi pemuaian ada ruang sehingga rel tidak melengkung yang dapat membahayakan kereat api
  3. Pemasangan jembatan pada landasan. Jembatan besi akan memuai jika terjadi kenaikan suhu. Agar jembatan atau landasan tidak rusak akibat pemuaian maka pada ujung jembatan harus diberi ruang muai.
  4. Pemasangan kawat transmisi listrik / kabel telepon. Kawat transmisi listrik dipasang agak kendor, dengan maksud agar saat penurunan suhu kawat tidak terlalu tegang yang mengakibatkan kawat menjadi putus