Pengertian Gerak, Jarak dan Perpindahan

A. Pengertian Gerak

Kinematika adalah ilmu yang mempelajari gerakan suatu benda tanpa meninjau penyebabnya. Sebuah benda dikatakan bergerak terhadap benda lain jika posisinya berubah menurut waktu. Jika posisi benda tidak berubah menurut waktu maka benda dikatakan diam.

Gerak bersifat relatif, karena tergantung dan titik acuan. Misalkan, orang naik mobil yang sedang bergerak, maka orang itu dikatakan bergerak terhadap orang yang berada di luar mobil, tetapi orang itu dikatakan diam rerhadap mobil.

Benda yang dalam keadaan bergerak selalu mempunyai lintasan, berupa titik-titik yang dilalui oleh benda. Berdasarkan bentuk lintasan yang ditempuh, maka gerak dapat dibagi menjadi:

  • Gerak lurus
  • Gerak melingkar
  • Gerak parabola

B. Pengertian Jarak dan Perpindahan

Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda. Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai nilal saja.

Perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda.Perpindahan merupakan besaran vektor karena mempunyai nilai dan arah.

Misalkan, Anton menumpang bus dari Bandung menuju Jakarta lewat puncak, kemudian dari Jakarta la akan kembali ke Puncak. Jika jarak Bandung ke Jakarta 400 km dan jarak Jakarta ke puncak 200 km maka:

Jarak dan Perpindahan

Jarak yang ditempuh Anton = BJ + JP = 400 km + 200 km = 600 km. Perpindahan yang ditempuh Anton = BJ –  JP = 400 km –  200 km = 200 km.