Penyimpanan Data dan Alat Penyimpanannya

Penyimpanan data merupakan salah satu komponen yang terdapat di dalam komputer moden yang berkaitan dengan mikroprosesor berfungsi untuk mempertahankan informasi. Ada beberapa jenis alat penyimpanan data, yaitu sebagai berikut.

  1. Hard Disk

Perangkat keras komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dengan daya tampung cukup besar yang dihasilkan oleh suatu pemerosesan komputer atau laptop, namun data-datanya tidak akan hilang (terhapus). Penyimpanan data oleh hard disk ini sering disebut penyimpanan secara magnetik karena hardrive-nya menyatu dengan medianya.

  1. Flash Disk

Alat menyimpan data yang umumnya mempunyai kapasitas memori 128 MB samapai dengan 64 GB dengan menggunakan interface jenis USB (Universal Serial Bus) sangat praktis san ringan. Alat ini termasuk alat penyimpanan data memory flash type HAND. Alat ini termasuk penyimpanan secara elektonik.

  1. Floppy Disk

Alat untuk membaca disket sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjelankan sistem operasi dan aplikasi.

  1. Compact Disc (CD)

Alat penyimpanan data berupa piringan berwarna perak tersebut dari lapisan plastik yang disinari oleh laser. Alat penyimpanan ini secara optik dengan proses penyimpanan data dilakukan dengan cara menguraikan cahaya putih dalam spektrum warna dan kemudian disimpan dalam media tersebut.

  1. Digital Video Disc (DVD)

Alat untuk menyimpan video dan data secara optik. Untuk membaca DVD menggunakan sinar laser dengan panjang gelombang 6.500 A berwarna merah.

  1. Random Access Memory (RAM)

Alat untuk menyimpan data sementara pada saat komputer digunakan dan dapat diakses secara random. Kegunaan RAM adalah untuk mempercepat pemerosesan data pada komputer.