Perkembangan Teknologi Chatbot di Indonesia

Indonesia memiliki masa depan yang cerah untuk mengembangkan chatbot, karena Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang besar. Seiring kemajuan teknologi, orang mencari cara untuk menyederhanakan pekerjaan mereka sehari hari.

Chatbot adalah salah satu jawaban dari problem tersebut. Bot komunikasi ini bisa di integrasikan kesemua platform digital termasuk di situs jejaring sosial dan website pribadi.

Bagaimana cara kerjanya? Chatbot pada dasarnya adalah program komputer yang menggunakan berbagai bentuk kecerdasan buatan untuk berinteraksi dengan manusia. Chatbots dirancang untuk berkomunikasi dengan orang-orang melalui pesan teks atau audio. Mereka bertindak seperti virtual asisten yang dapat memberi pelanggan pelayanan otomatis.

 

Chatbot Mempunyai Permintaan Pasar yang Tinggi di Indonesia

Ledakan teknologi di Indonesia pelan tapi pasti mengubah wajah industry saat ini. Faktanya, banyak startup Indonesia telah menghasilkan pendapatan miliaran rupiah. Hal ini berimbas kepada permintaan pembuatan chatbot yang terus meningkat.

Start Up di Indonesia berlomba-lomba untuk mengembangkan chatbot sebagai asisten bisnis virtual, produk pengembangan bot pintar ini dapat kita temukan di banyak industri seperti travel, perbankan dan juga kesehatan. Fenomena ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

 

Mengenal Chatbotika

Chatbotika adalah chatbot yang dikembangkan oleh Botika, sebuah tech start up yang memiliki kantor di Kota Jakarta dan Yogyakarta.

Botika telah mengembangkan banyak chatbot sukses seperti, Botika travel dan Chatbot Penjualan Botika. Tech Start Up ini menggunakan tim developer, desainer, dan pemasar berpengalaman untuk terus mengembangkan aplikasi inovatif buatan mereka.

Chatbotika adalah salah satu kreasi terbaik dari Botika, bot pintar ini bertujuan untuk menyediakan pengguna dengan layanan dukungan otomatis. Memungkinkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan sederhana ataupun rumit dan menerima jawaban dengan sangat cepat.

 

Keunggulan Chatbotika

1. Customer Service yang Handal

Chatbotika dapat membantu meningkatkan penjualan, meningkatkan layanan pelanggan, dan mengurangi biaya operasional.

Bot pintar ini diprogram untuk berinteraksi dengan pengguna melalui berbagai macam platform. Saat pengguna mengirim queri ke chatbotika, bot segera merespons dengan cepat dan memberikan informasi yang relevan kepada pelanggan serta dapat mengarahkan mereka ke produk-produk tertentu yang anda miliki.

2. Dapat di Fungsikan Sebagai Internal Virtual Assistant

Chatbotika dapat merampingkan proses bisnis internal dan memungkinkan karyawan untuk fokus pada aktivitas yang lebih strategis.

Bot ini dirancang untuk bisa bertukar informasi antar karyawan, di mana pun mereka berada. Misalnya, tim layanan pelanggan dapat menggunakan chatbotika untuk memfasilitasi pertukaran informasi antar departemen yang berbeda.

3.Biaya Pembuatan yang Terjangkau

Tidak seperti yang lain, chatbotika tidak memerlukan investasi awal yang besar. Pemilik bisnis dapat menghubungi Botika untuk membangun bot sesuai dengan kebutuhan perusahaan tanpa menghabiskan banyak uang.

4. Memberikan Hasil Real-Time

Ketika chatbotika terintegrasi dengan platform CRM (Customer Relationship Management) lainnya, bot pintar ini dapat melacak interaksi pelanggan dari waktu ke waktu. Sangat membantu bisnis memahami permintaan pelanggan dan meningkatkan produk dan layanan yang sesuai.

5. Mudah Digunakan

Chatbotika mudah disesuaikan sesuai kebutuhan atau tugas yang ingin di delegasikan kepada bot pintar ini, membuatnya menarik bagi pengguna, baik pelanggan maupun karyawan.

6. Mudah Diperbarui

Karena chatbotika diprogram dengan kecerdasan buatan, mereka dapat belajar dan beradaptasi dengan pertanyaan dan situasi baru. Bot ini bisa kapan saja di update untuk memasukan instruksi atau tugas baru.

7. Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Chatbotika sudah ada dalam bahasa Indonesia sehingga mudah untuk melayani setiap pelanggan yang memiliki keterbatasan bahasa.

 

Penutup

Di Indonesia chatbot semakin populer karena mereka dapat memberi bisnis kekuatan untuk menangani layanan pelanggan secara efisien. Chatbot jauh lebih murah dan lebih akurat dibandingkan call center tradisional.

Chatbot juga meningkatkan customer experince dengan menghilangkan waktu tunggu bagi pelanggan. Untuk chatbotika sendiri sudah di program untuk ikut memberikan input demography pelanggan yang berguna bagi bisnis untuk membuat keputusan marketing.