Pilihan Asuransi Motor yang Tepat Untuk Anda

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitulah istilah yang pas untuk menggambarkan manfaat dari asuransi untuk motor. Mungkin beberapa orang merasa tidak ada gunanya menggunakan asuransi motor. Namun jangan salah, asuransi motor yang bagus banyak memberikan manfaat bagi kita, apalagi saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misal saja, jika terjadi pembegalan dan motor Anda diambil pembegal, maka Anda bisa langsung melakukan klaim asuransi. Dengan beberapa dokumen yang dibutuhkan, Anda bisa mendapatkan ganti rugi seharga motor yang hilang. Asuransi yang biasa ditawarkan oleh dealer motor biasanya hanya ada dua jenis, seperti yang dibahas di bawah ini.

Asuransi TLO MotorĀ 

Tidak semua perusahaan asuransi memberikan dua pilihan asuransi. Jika ingin membeli motor secara kredit (cicilan), maka biasanya biaya asuransi TLO motor sudah diikutsertakan dalam biaya cicilan tiap bulannya. Asuransi TLO (Total Loss Only) adalah asuransi yang menanggung bukan hanya untuk masalah kehilangan namun juga jika terjadi kecelakaan atau yang biasa dikenal dengan asuransi kecelakaan diri. Besar asuransi jenis ini hanya sekitar 2,5% dari total harga motor. Untuk asuransinya sendiri, mereka akan menjamin kerugian untuk kendaraan yang mengalami kerusakan diatas 75% baik yang dilakukan karena pencurian, perampasan maupun kecelakaan dan kebakaran. Dapat dikatakan bahwa jika sepeda motor Anda mengalami kerusakan yang tidak berarti seperti baret pada body, patah pada spion atau kerusakan minor yang lain maka Anda tidak dapat melakukan klaim.

Asuransi All Risk

Jenis asuransi yang kedua ini lebih lengkap daripada asuransi TLO motor. Asuransi ini diberikan untuk ganti rugi saat motor hilang atau saat terjadi kecelakaan dan ada lecet pada motor. Istilah all risk diartikan sebagai asuransi sepeda motor terbaik yang menanggung segala resiko yang terjadi pada motor. Asuransi jenis ini ditawarkan pada kendaraan tertentu dengan syarat harganya harus diatas 30 juta. Jenis sepeda motor yang memenuhi syarat ini adalah motor jenis Harley Davidson atau yang lebih dikenal dengan moge (motor gede). Asuransi all risk menanggung sebagian atau keseluruhan kerusakan seperti kejatuhan benda, pencurian, perampasan, benturan, tabrakan, perbuatan jahat, kebakaran dan kecelakaan lalu lintas lainnya.

Asuransi untuk sepeda motor disesuaikan dengan apa yang Anda sukai dan apa yang Anda perlukan. Memang asuransi motor tidak wajib, namun untuk keamanan dan ketenangan hati mungkin asuransi untuk motor perlu dipertimbangkan. Selain manfaat tersebut, sebetulnya ada keuntungan lain yang didapat jika Anda mengikuti asuransi motor yaitu penyelamat keuangan Anda saat kejadian apes menimpa. Anda tidak perlu mengambil tabungan atau mencari pinjaman untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kendaraan Anda. Dengan memiliki asuransi kendaraan, keadaan finansial akan terselamatkan. Pengembalian dana yang Anda dapatkan akan lebih besar saat terjadi resiko kecelakaan atau kerusakan.

Asuransi motor Adira adalah salah satu contoh asuransi motor terbaik yang banyak diminati oleh pengendara. Ada beberapa jenis asuransi yang ada di Adira. Motopro adalah jenis dari asuransi yang dikhususkan untuk kendaraan roda dua untuk memberikan perlindungan terhadap potensi kerugian. Hal yang ditanggung oleh asuransi ini antara lain pencurian dan kebakaran. Selain itu asuransi motor Adira juga memberikan perlindungan terhadap kecelakaan dengan kerusakan mencapai 75%. Bukan hanya motor yang mendapatkan asuransi, bila ada korban yang diakibatkan oleh kecelakaan, baik cacat ataupun kematian, asuransi akan memberikan santunan. Fasilitas lain yang menarik adalah asuransi motor Adira juga memberikan perluasan jaminan tuntutan pihak ketiga dengan batasan sebesar 20 juta.

Adira Insurance mengeluarkan dua jenis produk yang memberikan jaminan pada kendaraan roda dua. Pilihan yang dapat Anda pilih adalah Motopro Classic dan Motopro Ikhlas. Layanan yang diberikan adalah penggantian terhadap kerugian total, kecelakaan diri, biaya pengobatan dan perlindungan terhadap bencana seperti angin topan, badai, banjir, hujan es dan tanah longsor. Paket dibagi menjadi dua jenis, yaitu paket Motopro dengan harga motor kurang dari 500 juta dan paket Motopro Plus dengan harga motor kurang dari 100 juta.