Struktur Sosial

Definisi Struktur Sosial

  1. Raymond Firth, struktur sosial merupakan suatu pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terdiri dari banyak orang dan lembaga-lembaga di dalamnya dan banyak orang tersebut ambil bagian.
  2. Soerjono Soekanto, organisasi berkaitan dengan pilihan dan keputusan dalam hubungan-hubungan yang lebih fundamental dan memberikan bentuk dasar pada masyarakat, serta memberikan batas-batas pada aksi yang mungkin dilakukan secara organisasi.
  3. E.R. Lanch, menetapkan konsep tersebut pada cita-cita tentang distribusi kekuasaan di antara individu dan kelompok sosial.

Pendapat Para Ahli Mengenai Suku Bangsa atau Kelompok Etnis

  1. Koentjaraningrat, suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang terikta oleh kesadaran dan identitas diri atas kesatuan kebudayaan, sedang kesadaran dan identitas diri sering dikuatkan oleh kesatuan bahasa.
  2. Willam Kornblum, suku bangsa atau kelompok etnis merupakan suatu populasi yang memiliki identitas kelompok berdasarkan kebudayaan tertentu dan biasanya memiliki leluhur yang sama.
  3. Bruce J. Cohen, kelompok etnis dibedakan oleh karakteristik budaya yang dimiliki oleh para anggotanya yang meliputi agama, bahasa ataupun kebangsaan.

Kedudukan dan Peran

Unsur-unsur lapisan masyarakat yaitu kedudukan (status) dan peran (role). Cara-cara memperoleh kedudukan adalah sebagai berikut.

  • Ascribed Status: Kedudukan yang diperoleh secara otomatis tanpa usaha, misalnya seseorang lahir mendapat gelar bangsawan karena orang tuanya adalah bengsawan.
  • Achvied Status: Kedudukan yang diperoleh dengan usaha atau disengaja, misalnya seseorang menepuh pendidikan yang tinggi di bidang kedokteran untuk menjadi seorang dokter.
  • Assigned Status: kedudukan yang diperoleh karena jasa-jasa yang dilakukan, misalnya seseorang yang telah berbuat sesuatu demi membela bangsa dinobatkan sebagai pahlawan.